Visit This Too Many Useful Info :)

  • Setengah dan satu - Setengah; "Gaenak banget sakit di saat banyak kerjaan. Deadline laporan praktikum, learning objective, workplan, responsi (ujian praktikum), belum di tam...
    1 day ago

Sunday, April 7, 2013

Screening kanker, apatuh?




Halo-halo kami dari Ycon Cancer kembali hadir untuk berdiskusi tentang kanker. Narasumber saya yang muncul kali ini adalah seorang mahasiswi 20 tahun yang dipenuhi dengan rasa ingin tahu. Tanda X adalah saya, pembawa acara dari yc on cancer. Tanda Y adalah dia, mahasiswi yang kepo (pingin tahu banget).
X: Selamat datang Y di YC on Cancer, bagaimana kabarnya hari ini?
                Y: Ya terima kasih, baik kok baik, gakusah pake pertanyaan klise bisa kali
                X: (Sebenernya dia mahasiswi kepo apa mahasiswi jutek sih) Oke baik Y, selama beberapa menit ke depan kita bakal ngomongin tentang screening kanker
                Y: Ya boleh lanjutin aja, sok gih.
                X: (Ampun) Oke jadi.. Cancer Screening adalah sebuah pencegahan sekunder untuk atasi kanker. Screening ini ditujukan kepada semua orang yang belum mempunyai gejala-gejala kanker.
Y: Loh, wong aku gak punya gejala terus kenapa mesti diperiksa toh?
X: Jadi gini, Pendeteksian kanker lebih dini membuat penyakit tersebut lebih mudah untuk diatasi.
Y: Ohh! Kaya slogan-slogan itu ya, Lebih baik mencegah daripada mengobati
X: Tepat! Intinya, screening kanker bertujuan untuk mengurangi risiko kematian dan keparahan dari kanker itu sendiri. Semakin cepat kanker terdeteksi, semakin baik kemungkinan sembuhnya.
Y: Jadi, cancer screening ini cuma buat yang belum punya gejala-gejala kanker?
X: Tepat!
Y: Kalo misalnya udah punya gejala?
X: Kalo itu pake yang lain, namanya tes diagnostik kanker. Screening beda dengan diagnostic test. Di screening ini khusus yang belum punya gejala-gejala kanker. Jika hasil screening positive, perlu dilakukan tes lagi yaitu tes diagnostik. Tapi sekarang kita gak bahas tes diagnostik, kita bahas yang screening duluya
Y: Ah tapi repot ah, males gak jelas gitu.
X: Gak repot kok. Taunya gak repot darimana? Nah kita udah nulis tentang bagaimana screening kanker payudara. Tulisannya bisa dilihat di twitter kami @yconcancer. Di situ ada langkah-langkah mudah untuk deteksi kanker payudara. Lebih mudah dibanding harus menjalani pengobatan kanker payudara stadium lanjut akibat telat mengetahui dan telat mendeteksi kanker.
Y: Oh gitu
X: Iya gitu..  jika memang screening kanker yang dilakukan mudah. Mengapa tidak? Kan kamu sendiri yang bilang lebih baik mencegah daripada mengobati. Banyak keuntungan yang didapat dari screening kanker. Salah duanya: Biaya yang lebih murah dibandingan dengan pengobatan kanker. Terus prediksi kesembuhan penyakit juga lebih baik jika kanker terdeteksi sejak dini.
Y: Itukan screening kanker payudara. Terus kalo aku nyari screening kanker yang lain dan ternyata ribet? Ayo gimana?
X: Jadi gini, sebenernya untuk hal itu masih ditelti. Nah ini aku kutip dari http://www.cancer.gov/cancertopics/screening
“Ilmuwan sedang meneliti untuk lebih mengerti lagi mana orang-orang yang cenderung berisiko terkena kanker. Mereka juga meneliti tentang pekerjaan dan efek lingkungan apa yang meningkatkan risiko terkena kanker. Informasi ini menolong dokter untuk merekomendasikan siapa yang perlu dilakukan screening, terus metode mana yang lebih baik digunakan dan seberapa sering screening harus dilakukan”
Jadi jika mau tahu lebih jelas dan lebih pasti, bisa ditanyakan pada dokter yang lebih mengetahui.
Y: Hm gitu ya, terus screening kanker ini terpercaya gak?
            X: Screening kanker ini gak sembarangan kok, sebuah  metode screening kanker harus punya bukti nyata hasil dari penelitian. Selain itu dalam melakukan screening kanker, tenaga kesehatan juga harus memegang suatu prinsip yang  telah ditetapkan oleh WHO.
Sumbernya dari buku loh “Cancer Principles and Practice of Oncology edisi 8” Nah kalo mau tahu lebih lanjut tentang prinsipnya, ini nih (klik)
Y:  Aduh iya-iya.. panjang banget penjelasannya... Kalo diliat dari seberapa ketatnya screening kanker diregulasi, kayaknya terpercaya sih. Mau ngajuin metode screening kanker aja ribet banget.
X: Tepat! Terpercaya kan. Oiya, perlu diingat bahwa ketika dokter menyarankan untuk melakukan screening kanker. Hal itu bukan berarti kamu punya kanker. Terus saat ini gak semua kanker punya metode screening kanker. Jadi screening kanker ini masih terbatas hanya pada beberapa kanker. Lebih lengkapnya bisa diliat di sini http://www.cancer.gov/cancertopics/screening
Y: Aduh tepat-tepat mulu daritadi, ganti kek. Hoo begitu ya... Oke hasrat kepoku (keingintahuan ku) mulai terpenuhi .
X: Nah itulah screening kanker secara umum. Kasih tahu temen-temen yang lain ya. Terus kami juga buka web untuk berdiskusi, silahkan berdiskusi di web tersebut. Kita bisa saling bertukar pikiran dan pengetahuan
Y: iyaiya gampang
X: Oiya! Karena dalam waktu dekat ini ada hari internasional yaitu hari wanita sedunia. Maka kami dari YC on Cancer memberikan link bagaimana screening untuk kanker serviks (Kanker leher rahim). Artikelnya dalam bentuk bahasa inggris http://www.cancer.gov/cancertopics/screening/cervical
Yang kami tulis sendiri juga ada loh. Kami sudah menulis tentang screening untuk kanker payudara di twitter kami @yconcancer, ayo dibaca dan difollow ya :D
Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika ada yang lebih mudah, mengapa memilih yang lebih sulit J
Y: iyaiya, okeoke.
X: (ampun jutek banget) baiklah kita akhiri obrolan kita hari ini. Terima kasih Y atas waktu luangnya dan keingintahuannya (dan kejutekannya).
Y: Sama-sama
X: Baik pemirsa, sekian terima kasih. Mari berdiskusi dan bertukar pikiran di YC on Cancer untuk pengetahuan dan kehidupan yang lebih baik. Salam sehat!


jika ada masukan, pertanyaan, saran, atau pembetulan langsung aja komen di sini atau email amgah01@yahoo.com :D Terima kasih
 



No comments:

Post a Comment